Edukasi Tetap Sehat di Usia Tua di Pertemuan Paguyuban Pernah dan Purna Tugas RSUD Banyumas


BANYUMAS – Dalam Rangka Peningkatan Kesehatan untuk Lansia khususnya di Paguyuban Pernah dan Purna Tugas, dr Indra Jati dan dr. Yuliana Sari serta Tim Promkes RSUD Banyumas, bertempat di Oemah Joglo Desa Pekunden Banyumas ikut menghadiri Pertemuan Rutin Paguyuban Pernah dan Purna Tugas RSUD Banyumas.



Ketua Paguyuban Pernah dan Purna Tugas RSUD Banyumas Ronin Hidayat, S.Kep.,S.Pd.,M.Kes dalam sambutanya mengatakan bahwa Pertemuan rutin ini di selenggarakan dalam rangka menjalin silaturahmi antar anggota dan juga Paguyuban Kita Pernah dan Purna Tugas kita ini sudah MOU dengan RSUD Banyumas, dan beberapa kegiatan kita bisa di fasilitasi RSUD Banyumas, termasuk dengan Hadirnya Tim Promkes dan  Narasumber dr Indra dan dr Yuliana sari yang akan memberikan Informasi dan Edukasi untuk kita semua yang hadir kali ini. 



Pada Pertemuan hari ini di Fasilitasi Kegiatan oleh RSUD Banyumas, Kepada RSUD Banyumas, Tim Promkes dan Narasumber dr Indra Jati dan Dr. Yuliana Sari Terima Kasih, semoga Informasi dan Edukasi memberikan Manfaat Bagi Kami, Para Anggota Paguyuban Pernah dan Purna Tugas RSUD Banyumas.



Tema Materi Informasi dan Edukasi yang di berikan oleh dr. Indra Jati adalah Tetap Sehat di Usia Tua.

dr Indra Jati memberikan informasi dan edukasi kepada Peserta pertemuan hari ini mengatakan bahwa Menjadi tua merupakan fase kehidupan yang akan dialami oleh setiap manusia.

Jika dilihat dari aspek kesehatan, semakin bertambah usia keluhan kesehatan biasanya semakin meningkat.


Faktor yang juga mempengaruhi kondisi fisik dan daya tahan tubuh lansia adalah pola hidup yang dijalani oleh Kita semua.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga merupakan upaya memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Dengan demikian akan terwujud keluarga yang sehat. Melalui PHBS di rumah tangga khususnya untuk Para Lansia ini diharapkan mampu menjaga, meningkatkan dan melindungi kesehatan dirinya dari ganguan ancaman penyakit dan dengan PHBS ini bisa menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tetap hidup sehat. 



Sasaran pembinaan PHBS di rumah tangga adalah seluruh anggota rumah tangga dan salah satu di antaranya adalah Lanjut Usia. 

Perlunya Kita semua khususnya Lansia mampu Menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kurang lebih secara umum dengan Cara ;

  1. Menggunakan air bersih 
  2. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun 
  3. Menggunakan jamban sehat 
  4. Makan buah dan sayur setiap hari
  5. Melakukan aktivitas fisik dan Olah Raga secara Teratur
  6. Tidak merokok / Enyahkan Asap Rokok, dll.



Untuk Olah Raga bagi lansia ini hendaknya pilih olah raga yang ritmis seperti Jalan Sehat, Sepeda santai, dll. 



dr. Yulianasari memberikan Materi Tetang Kebersihan Tangan dengan cara Cuci tangan 6 Langkah dan Cuci tangan Memakai Sabun dan Air bersih yang mengalir dan Satu Tips Cegah Pikun yaitu dengan cara "Rajin dan Banyak Membaca"  karena dengan kita sering membaca dan Rajin membaca akan selalu mengasah otak kita dengan baik.



Demikian yang bisa kami sampaikan kepada Bapak Ibu Semua yang hadir pada pertemuan siang hari ini, Pungkasnya



Alhamdulillah Kegiatan Pertemuan Paguyuban Pernah dan Purna Tugas pada hari ini Sabtu (17/12/2022) berjalan dengan lancar.

0 Komentar