Ronde Keperawatan - Ruang Permata Hati RSUD Banyumas

Ronde Keperawatan - Ruang Permata Hati RSUD Banyumas

BANYUMAS - RSUD Banyumas dalam Hal ini Bidang Keperawatan selalu berupaya meningkatkan mutu pelayanan, mutu asuhan keperawatan dan tentunya pengetahuan bagi para perawat, karenaya pada hari ini Rabu (10/08/2022) salah satu program yang mulai di giatkan kembali oleh Kepala Bidang Keperawatan RSUD Banyumas adalah Ronde Keperawatan.

Rencananya Ronde Keperawatan ini akan di gelar setiap 1 bulan sekali dengan melibatkan semua  Profesional Pemberi Asuhan (PPA) yang terkait, untuk bidang keperawatan sendiri  telah membagi dalam beberapa Kelompok Fungsional Keperawatan (KFK) yaitu ;

KFK Bedah

KFK Penyakit Dalam

KFK Maternal

KFK Anak

KFK Gadar Kritis

KFK Jiwa

Kelompok Fungsional Kebidanan


Ronde Keparawatan kali ini merupakan Kali Ke-3 setelah sebelumnya dari KFK Bedah dahulu pertama di Ruang Melati dengan Kasus pada Pasien DM Type 2, Sepsis dan Ulkus DM Selanjutnya yang ke dua KFH Bedah juga di Ruang Cempaka dengan Kasus BPH.

Hadir dalam Kegiatan Ronde Keperawatan ini  Kepala Bidang Keperawatan RSUD Banyumas Tulus Setiono, S.Kep.,Ns.,MPH bersama Mentor Nurul Hidayati, S.Kep.,Ns.,M.Kep dan Perseptor Septina Candra Dewi, S.Kep.,Ns

Pelaksana Kegiatan Ronde Keperawatan dari KFK Maternal dari VK adalah Supriyaini, S.ST dan dari Ruang Permata Hati Hadir  Kepala Ruang Permata Hati Siti Yarsih, S.Kep.,Ns dengan Anggota Timnya.

Apa itu Ronde Keperawatan

Ronde keperawatan adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah keperawatan pasien yang dilaksanakan oleh perawat selain melibatkan pasien untuk membahas dan melaksanakan asuha keperawatan. Pada kasus tertentu harus dilakukan perawat primer atau konselor, kepala ruangan, perawat pelaksana yang perlu juga melibatkan seluruh anggota tim kesehatan (Nursalam, 2002).

Tujuan  Ronde Keperawatan

Bagi Perawat 

Meningkatkan pengetahuan  dan kemampuan staf / perawat dalam belajar  kasus (studi kasus)  dan mengelola kasus

Menumbuhkan cara berpikir secara kritis

Menumbuhkan pemikiran tentang tindakan keperawatan yang berasal dari masalah klien.

Meningkatkan validitas data klien.

Meningkatkan mutu asuhan keperawatan

Menyediakan kesempatan pada staf perawat untuk belajar meningkatkan penilaian keterampilanm klinisnya

Membangun kjerjasama dan rasa hormat

Manfaat Ronde Keperawatan bagi pasien adalah

Untuk mengamati kondisi fisik dan mental pasien

Untuk mengamati pekerjaan staf / Perawat

Untuk membuat pengamatan khusus pasien dan memberikan laporan ke dokter mengenai, misalnya: kondisi luka, drainase, pendarahan, dan sebagainya

Untuk memperkenalkan / menjalin hubungan baik  pasien ke petugas ( Profesional Pemberi Asuhan)  dan sebaliknya.



Langkah Langkah Ronde Keperawatan 

1. Perawat Pelaksana : 

Menetapkan Pasien yang akan di pilih untuk kegiatan Ronde Keperawatan

2. Persiapan Pasien

Persetujuan dari Pasien / Keluarga ( Inform Consent)

3. Perawat : Assesment - Penyajian masalah pasien

Menentukan Diagnose Keperawatan

Menyampaikan Data Pendukung

Menyampaikan intervensi yang telah di laksanakan

Menyampaikan hambatan yang di alami

4. Validasi data oleh Perawat Pelaksana – Kepala Ruang – Konselor

5. Diskusi di ruang Nurse station

6. Kesimpulan dan rekomendasi solusi masalah

Untuk Hari ini kegiatan Ronde Keperawatan Hari ini dengan tema “ Asuhan Keperawatan pada Pasien Sectio Caesarea ‘” bersama Tim Perawat Ruang Permata Hati

0 Komentar